BREAKING NEWS

Post Ads

Kamis, 08 Agustus 2019

Pemrograman Komputer & Bahas Pemrograman Anda Wajib Tahu

Pemrograman Komputer

Komputer sebuah mesin yang dirancang untuk mengikuti instruksi. Program komputer merupakan sebuah kode yang dipakai oleh komputer untuk memecahkan dilema atau tugas-tugas yang diberikan padanya. Misalnya kalau memakai komputer untuk menghitung pembayaran pada seorang pegawai maka langkahlangkah yang dilakukan yakni sebagai berikut:

1. Menampilkan pesan pada layar “ berapa jam kau bekerja?”

2. Menunggu pengguna memasukan data jam bekerja dan setelah ditekan ENTER maka komputer akan memasukan data ke dalam memory.

3. Menampilkan pesan pada layar “ berapa besarnya honor tiap jamnya?”

4. Menunggu pengguna memasukan data per jam bekerja dan setelah ditekan ENTER maka komputer akan memasukan data ke dalam memory

5. Komputer melaksanakan perkalian antara jumlah jam dengan gaji perjam 

6. Komputer menampilkan hasil perhitungan honor pegawai yang harus dibawa pulang.


Sekumpulan instruksi-instruksi tersebut diatas disebut dengan algoritma. Algoritma merupakan kumpulan kode yang terdefinisi langkah demi langkah secara baik dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah.

Dengan bahasa inilah programer sanggup menulis kode - instruksi yang akan dilakukan oleh komputer. Pemrograman dengan menggunakan C++ contohnya akan menjadi lebih gampang dan C++ inilah yang akan mengkonversi bahasa program yang ditulis menjadi bahasa mesin. Dibawah ini merupakan program sederhana yang ditulis dengan bahasa C++.

Program 1.1


 #include   #include   using namespace std;  int main()  {  double jam, besar, bayar;  cout << "Berapa Jam Kamu bekerja? ";  cin >> jam;  cout << "Berapa besar honor tiap jamnya? ";  cin >> besar;  bayar = jam * besar;  cout << "Kamu mendapat Gaji (Rp)" << bayar << endl;  getch();  return 0;    } 

Program diatas adalah:
Berapa Jam Kamu bekerja? 10
Berapa besar honor tiap jamnya? 15000[enter]

Kamu mendapat Gaji (Rp)150000

Dengan bahasa pemrograan tersebut diatas, maka instruksi komputer sanggup dibentuk dengan mudah.

Bahas Pemrograman
Bahasa pemrograman adalah notasi yang dipakai untuk menulis program (komputer). Bahasa ini dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu bahasa mesin, bahasa tingkat rendah dan bahasa tingkat tinggi. 

Bahasa mesin (machine language) berupa microinstruction atau hardwire. Programnya sangat panjang dan sulit dipahami.

Secara garis besar ada dua kategori bahasa pemrograman yaitu:
Bahasa pemrograman aras rendah (low level) 
Bahasa pemrograman aras rendah cenderung mendekati level komputer, ini artinya bahwa bahasanya ditulis mendekati atau sama dengan bahasa mesin komputer, hal ini sangat sulit ditulis sebab bahasanya jauh dari bahasa insan yang dipakai sehari-hari.

Bahasa pemrograman level tinggi (high level)
Bahasa pemrograman yang lebih mudah dipelajari yakni bahasa pemrograman aras tinggi. Disebut aras tinggi sebab bahasanya mendekati level bahasa manusia sehingga lebih gampang dipahami. Gambar dibawah ini merupakan gambaran antara bahasa aras tinggi dengan aras rendah.


Bahasa Aras Tinggi
Bahasa Aras Rendah
Dengan gambar tersebut diatas, maka sanggup dilihat bahwa menulis program dengan bahasa aras tinggi akan lebih gampang dan dapat dipahami dibandingkan dengan bahasa aras rendah karena bahasanya ditulis dengan kode numerik ataupun dengan sintak yang sangat pendek sehingga sulit sekali dipahami.

Perhatikan gambar table dibawah ini :



Dalam menentukan bahasa pemrograman harus memperhatikan hal-hal yang dimiliki oleh bahasa tersebut, dan tentunya setiap bahasa pasti memiliki kekurangan dan kelebihan yang harus kita pertimbangan dalam memilihnya.


Baca Juga :
Kenali Arsitektur Komputer & CPU


Baiklah sobat, cukup hingga disini dulu ya, nanti kita akan lanjutkan dengan artikel selanjutnya yaitu : Cara Penulisan Bahasa Pemrograman

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa share artikel ini ke teman dan media umum mu ya.



Terima kasih.

Share this:

Posting Komentar

 
Back To Top
Copyright © 2014 Federico Blog. Shared by Themes24x7